Time Management 101

01 December 2018 · 518 words
personal

Sudah tidak terasa, blog ini akan berumur dua tahun. Tulisan ini adalah cerminan bagaimana gue dalam menjalani hidup di satu tahun belakang ini. Apakah sudah sesuai dengan harapan? Gue merasa hilang kendali dan membiarkan arus mengalir dan ada banyak waktu yang tidak digunakan secara maksimal.

Sudah Sejauh Mana Misi di Tahun 2018 Berjalan?

Membaca

Karena tidak konsisten, gue tidak mampu menuntaskan membaca 20 buku. Bahkan 1 buku pun tidak dapat diselesaikan secara tuntas.

Canelnya memang pindah ke Google Docs tapi gue pun masih konsisten dalam menulis meskipun ada kemungkinan gue tidak menulis sebanyak di tahun 2017 yang lalu.

Kesehatan

Ya gitu-gitu aja. Fisik gue sama seperti tahun 2017.Tidak ada peningkatan yang berarti. Gue harus konsisten olahraga beban setidaknya 3x seminggu namun hal ini sangat sulit untuk dilakukan. Nutrisi juga merupakan faktor yang cukup fundamental.

Sosial

Meskipun gue berhasil mencapai target terukur yang gue canangkan di awal tahun 2018 yaitu makan siang dengan lebih dari 100 orang yang berbeda namun tetap saja kualitas itu jauh lebih penting dibandingkan dengan kuantitas. Masih banyak PR yang harus gue perbaiki untuk meningkatkan kualitas kehidupan sosial gue yaitu dengan cara aktif di komunitas, lebih empati dan juga bersikap proaktif di dunia kerja dengan ide-ide yang menarik.

S2

Gagal total. Investasi waktu yang saya dedikasikan untuk mempersiapkan S2 adalah nol besar. Memang gue sempat iseng mendaftar S2 di Korea dan tanpa disangka-sangka bisa lanjut di tahap terakhir yaitu wawancara. Masih banyak PR yang harus gue kerjakan untuk yang satu ini terlebih lagi kalau gue mau S2 di luar negeri. Pondasi utamanya haruslah matang.

Perkembangan Apa Yang Anda Rasakan di Tahun 2018?

Perkembangan yang paling terasa bagi gue di tahun 2018 ini adalah kemampuan membuat presentasi yang lebih terstruktur, berfaedah dan berestetika manis. Meskipun gue ga bisa membuat presentasi ciamik seperti yang dibuat oleh para konsultan handal, setidaknya gue sudah mengalami perkembangan yang signifikan.

Bagaimana dengan kemampuan programming? Gue merasa gue berada di situ-situ saja. Gue sudah merasa mantap dengan R sepanjang 2017 dan hal itu pun tetap stagnan di tahun 2018. Tidak ada hal yang spesial. Gue pun bisa membuat package R ala kadarnya. Gue merasa mentok padahal ada banyak hal yang mesti gue pelajari. Sebut saja Python yang merupakan bahasa pemrograman yang sangat populer saat ini.

Action Plan

  • Membaca buku (sejarah, biografi, self-help, ekonomi, finansial)
  • Belajar Python: Deep Learning (mulai dari standar umum)
  • Konsisten dalam berolahraga
  • Lebih aktif di komunitas (jangan hanya terpaku di satu tempat arena bermain saja)

Saya merasa bergerak lebih lambat di tahun 2018 ini. Inovasi saya tidak seterang benderang di tahun 2016 maupun 2017. Saya perlu menstimulasi otak ini dengan hal-hal yang mampu memancing kreativitas saya.

Gue pun harus belajar lebih banyak lagi dalam manajemen waktu, bagaimana cara melakukan perencanaan dan strategi yang baik, mengeksekusi rencana sesuai dengan timeline yang disediakan dan juga konsisten dalam melakukan sesuatu. Terlebih lagi di tahun 2019 mendatang, waktu gue akan semakin terisi dan fokus gue bisa terbagi. Gue harus bersiap-siap waktu gue terkuras menjalani PP dengan durasi total 4 jam padahal sebelumnya gue hanya perlu menghabiskan waktu PP 30 menit.